Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perempuan Jaman Now (?)

Sejak dulu saya berpikir bahwa kompetisi sesama perempuan terkadang jauh lebih beringas, lebih sadis dan lebih jahat dibandingkan dengan sesama lelaki. Bener ga sih? Atau pikiran saya ini salah? 
Namun, setelah membaca sebuah artikel di majalah intisari yang berjudul "Di gerbong perempuan yang cantik jadi garang" saya jadi berpikir bahwa ternyata mungkin asumsi saya selama ini memang benar.
Bagi yang menggunakan kereta sebagai alat transportasi mungkin ada yang merasakan fenomena ini terutama di jam-jam rawan. Perempuan bisa bersikap sewenang-wenang demi mendapatkan  satu kursi (alhamdulillah saya tidak perlu merasakan fenomena ini setelah resign. Meski saya  sangat salut dengan para ibu yang masih berjuang naik kereta setiap hari).
Rasa empati kepada sesama perempuan kadang sudah hilang, padahal katanya perempuan itu lebih penyayang. Tapi ketika kamu ada dalam kereta di jam-jam rawan, maka mungkin  kamu akan berubah pikiran. Masih ingat kan komentar yang pernah viral tentang seorang perempuan muda yang kesal dengan perempuan hamil karena menurutnya mau enaknya saja dpt tempat duduk  di kereta hanya karena dia sedang hamil?  Tak heran jika mungkin banyak perempuan yang lebih suka duduk di gerbong umum  daripada gerbong khusus wanita karena sesama perempuan saja sudah tidak saling mengerti. 
Selain fenomena kereta ini, contoh lain yang bisa kita lihat adalah dari komentar di media sosial. Rata-rata komen nyinyir dan sadis itu justru berasal dari  perempuan (ini hasil observasi sendiri sih, tak ada data kuantitatif valid yg menyertai) . Bahasa yang digunakan kadang bisa membuat syok. Dan itu banyak sekali ditemui. Kenyiyiran terkadang sudah melebihi ambang batas. Pernah juga saya menonton beberapa drama yg menceritakan persaingan dua perempuan dalam dunia kerja ataupun  percintaan. Salah satu saingannya melakukan apa saja demi menjatuhkan lawan dengan taktik manipulatif yang memuakkan..  Well, memang sih itu hanya drama, tapi bisa saja di dunia nyata benar-benar terjadi kan? Meski mungkin tidak selebay di film. 
Tapi percayalah, selain fenomena mengerikan  yang sudah saya ceritakan diatas, tentu tak semua perempuan bersikap seperti itu. Ada juga para perempuan yang saling support dan baik hati (misalnya saja di komunitas IIP ini ). Dan saya pikir masih banyak perempuan semacam itu dijaman ini. 
Mudah-mudahan kita semua termasuk ke dalam perempuan yang seperti itu ya, karena kalau sesama perempuan saja tak bisa saling mengerti, lalu anak perempuan kita kelak mau kita didik seperti apa? 

Posting Komentar untuk "Perempuan Jaman Now (?) "