Indonesia Memasak Yummy : Memasak Seru di Rumah Aja!



Saya dulunya adalah orang yang tak pandai memasak (sampai sekarang pun juga masih belajar sih ;D). Saya ingat betul betapa dulu sering dikomentari keluarga karena ketidakmampuan saya dalam memasak. Rasanya kesal sih pastinya, tapi ya mau bagaimana lagi, memang kenyataannya begitu. Dulu, memasak nasi saja masih gagal. Selalu  berakhir menjadi nasi lembek atau nasi keras. Mungkin yang saya bisa waktu itu hanyalah masak mie instan dan masak air saja.

Zaman dulu juga tidak semudah  zaman sekarang dalam mencari informasi. Kalau sekarang, kita tinggal googling untuk mencari resep. Kalau dulu kita harus bertanya ke orang lain atau kadang mencatat dari acara memasak di televisi yang tentunya tidak selalu tayang  setiap hari. Mencatat lewat televisi (yang tidak bisa di-pause) itu sungguh menantang. Kalau kita lengah atau lambat sedikit, bisa-bisa kita ketinggalan dalam mencatat resep atau melihat proses memasak yang sedang ditayangkan.

Setelah internet dan smartphone makin berkembang seperti saat ini, semua terasa lebih mudah. Saya pun menjadi lebih termotivasi untuk belajar memasak. Apalagi setelah saya sudah menikah dan punya anak, saya pun jadi semakin semangat.

Kalau sekarang sih boleh dibilang saya sudah mulai bisa memasak. Setidaknya saya punya menu masakan dan cemilan favorit untuk keluarga. Tentu itu sebuah proses yang tidak mudah. Seringkali juga saya gagal dalam mencoba beberapa resep. Buat saya tidak masalah, karena saya jadi belajar banyak hal.

Sebagai pemula dalam memasak, saya punya beberapa tips bagi yang ingin memulai belajar memasak. Tips ini sebenarnya saya  dapatkan dari pengalaman saya dalam belajar memasak. Jadi mudah-mudahan tips ini bisa bermanfaat ya. 


1. Jangan Takut Gagal

Ketika kita pertama kali belajar sesuatu, pasti tidak selalu bisa berjalan dengan mulus. Seperti saya yang juga beberapa kali gagal dalam membuat masakan. Itu hal yang wajar. Justru kadang dari kegagalan itu kita jadi bisa belajar banyak hal. Jadi ketika kita mencoba suatu resep dan ternyata belum berhasil, jangan malah membuat kita makin mundur dan makin malas memasak. Tetap yakin dan semangat meskipun mungkin hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Yang penting adalah kita tidak berhenti belajar dan terus semangat untuk mencoba. Ingat, terkadang dari kegagalan yang kita buat, justru malah membuat kita belajar hal baru yang bisa bermanfaat untuk pengalaman memasak kita selanjutnya.


Uji coba resep dari internet, kue bika ambon yang teksturnya masih gagal (foto : Dok. pribadi)


2. Kenali Bahan Makanan

Sebenarnya ini adalah kemampuan yang dasar sekali ya. Penting untuk mengetahui bahan makanan yang ingin kita pakai. Misalnya saja saat membuat roti, pastikan kita menggunakan tepung yang benar karena tepung itu sendiri ada banyak jenisnya. Belum lagi bumbu-bumbu dapur yang lain. Pastikan kita memasukkan bahan yang benar ke dalam masakan. Jangan sampai kita memasukkan merica ke dalam masakan, padahal sebenarnya yang kita butuhkan adalah ketumbar. Jadi coba pelajari perlahan-lahan dan seringlah berlatih memasak karena seiring waktu kita kelak akan bisa membedakan sendiri. 


Sudah bisa bedakan mana jahe dan lengkuas? (Foto : Dok. Pribadi)


3. Sesuaikan dengan Kemampuan


Kalau kita memang masih pemula dalam memasak,carilah resep yang sederhana dan mudah. Jangan dulu tergoda untuk membuat resep-resep rumit, misalnya ingin membuat croissant, lapis legit, pempek atau rendang. Kita bisa mulai dengan resep simpel yang tidak membutuhkan banyak trik dalam proses pembuatannya. Kita bisa memulai dengan membuat kue atau cemilan sederhana. Misalnya saja pancake, biskuit, tumis-tumisan dsb. Setidaknya cobalah resep yang tingkat kegagalannya rendah supaya kita makin percaya diri dalam belajar memasak. Barulah setelah itu secara bertahap kita menaikkan standar kita dalam memasak resep yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi.


Memasak yang simpel dan sederhana dulu saja (Foto : Dok. Pribadi)


4. Baca Resep yang Sudah Teruji


Kita memang bisa menemukan banyak resep hanya lewat mesin pencari, tapi terkadang resep yang bertebaran di internet tak selalu pas dan bisa dipertanggungjawabkan. Kadang ada resep yang membuat kita bingung dalam pengerjaannya. Mungkin karena resep tidak disertai video atau foto-foto di setiap langkahnya atau instruksi yang kurang jelas.

Oleh karena itu, daripada kita bingung dan ragu, pastikan kalau resep yang kita pakai adalah resep yang sudah teruji. Resep yang teruji biasanya antigagal dan kemungkinan berhasilnya pun lebih besar. Resep yang sudah teruji bisa kita ketahui dari review orang-orang yang sudah pernah mencoba. Jika resepnya antigagal biasanya review-nya pun kebanyakan juga bagus.



Dok. Pribadi

Masalah selanjutnya adalah bagaimana kita bisa mencari tempat yang tepat untuk mencari resep? Nah, itulah perlunya menemukan applikasi memasak yang bagus. Kali ini saya mau memberi tahu satu applikasi memasak yang cocok bagi para pemula maupun bagi orang-orang yang memiliki hobi memasak. Namanya adalah Yummy App. Pasti sudah banyak yang tahu juga ya? Saya ingin memberitahu beberapa alasan utama kenapa applikasi ini menarik terutama bagi pemula. Simak baik-baik ya.

1. Resepnya Teruji

Nah, seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, jika kita baru belajar memasak maka penting sekali untuk mencoba resep yang sudah teruji. Kita bisa melihat rating dan komentar dari orang yang sudah membuat resep tersebut. Nah di Yummy App kita bisa melihat penilaian dan ulasan dari orang lain. Kita bisa melihat resep dengan rating bintang tinggi dan komentar-komentar pembaca yang sudah melakukan uji coba. Jadi di Yummy app ini kita sudah tidak perlu khawatir lagi deh.




2. Aplikasi Gratis dan Mudah

Kamu tinggal cari saja di playstore dan ketik Yummy App. Pasti tidak sulit untuk menemukannya karena rating Yummy App pun juga tinggi lho. Sudah satu jutaan orang yang mengunduh applikasi ini.


Cara mengunduhnya pun mudah. Kita tinggal download, masuk terlebih dahulu lewat email dan bisa langsung berselancar di applikasi. No ribet-ribet pokoknya. 






3. Bisa Membuat Masakan Sesuai Kebutuhan

Menurut saya ini salah satu kelebihan Yummy App dibandingkan applikasi memasak lain yang pernah saya coba. Kita bisa memasak sesuai dengan kebutuhan kita. Jadi apakah kita mau masak sesuai budget-kah? Ataukah ingin disesuaikan dengan bahan yang kita punya di rumah? Atau memasak berdasarkan waktu memasaknya? Semuanya ada. Pokoknya kita dimanjakan sekali dengan applikasi ini karena kita bisa memasak sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing tanpa perlu ribet mikir-mikir yang lain.




4. Resep Lengkap dan Jelas 

Nah, ini penting sekali lho. Saya termasuk yang kadang bingung jika melihat resep tanpa ada proses pengerjaannya. Menurut saya, penting sekali untuk menyertakan foto atau video langkah-langkah dalam memasak dan Yummy App memfasilitasi itu semua. Apalagi jika resepnya adalah resep yang baru pertama kali kita coba iya kan? Foto setiap langkah itu sangat membantu memperjelas instruksi sehingga kita pun tidak perlu bingung lagi. 




5. Resep Variatif dan Banyak


Dalam applikasi Yummy App, kita bisa menemukan banyak resep sesuai yang kita inginkan. Jadi kita tidak perlu bingung lagi mencari inspirasi. Biasa kan yah kalau ibu-ibu itu suka bingung kalau menentukan menu memasak sehari-hari. Besok masak apalagi ya? Besok cemilannya apalagi ya? Nah, di Yummy App kita sudah tidak perlu bingung lagi karena ada banyak sekali ini inspirasi masakan yang bisa kita temukan. Kita bahkan bisa memilih sesuai budget yang kita punya.





6. Banyak Event Seru


Ini juga salah satu hal yang membuat applikasi Yummy App berbeda dengan yang lain. Biasanya setiap bulan, Yummy sering mengadakan event-event seru yang bermanfaat bagi penggunanya. Jika kita mengikuti event yang diselenggarakan Yummy, kita bisa mendapatkan poin lho. Poin itu nanti bisa kita uangkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jadi, selain kita bisa mencari resep masakan, kita bisa menambah pemasukan rumah tangga juga. Seru kan?

Beberapa event Yummy di bulan November

Tapi ada hal yang perlu diingat ya jika kita ingin mengikuti event atau posting resep di Yummy App. Kita tidak boleh membuat resep asal-asalan. Jangan sampai kita lupa memasukkan langkah-langkah dalam memasak ataupun memasukkan fotonya. Fotonya pun harus jelas dan bagus. Jadi memang harus berkualitas dan mengikuti semua aturan dan persyaratan. 

Dalam hal ini saya merasa kalau Yummy App memang sangat menjaga kualitas resep yang ditampilkan. Makanya kalau posting resep di Yummy, kita juga harus sabar menunggu, karena resep kita biasanya akan ditinjau terlebih dahulu oleh admin, apakah layak atau tidak untuk diloloskan. Wah, benar-benar menantang ya?

Gambar : Dok. Yummy Indonesia (popmama.com)


Tak hanya itu, Yummy App juga suka membuat event-event memasak yang seru lainnya. Seperti yang berlangsung di bulan ini, Yummy telah melaksanakan event bertemakan Indonesia Memasak by Yummy. Acara ini diiikuti oleh banyak pesohor di bidang kuliner di Indonesia. Sebut saja,William Wongso, Martin Pradja, Desi Trisnawati, Degan Septoadji dan lainnya. Dalam event ini Yummy berbagi bagaimana caranya membuat sajian sehat, minuman tradisional, sambal nusantara dan berbagai macam kuliner Indonesia lewat OCC atau Online Cooking Class. Apakah berbayar? Tidak! Acara ini gratis. Bahkan kita bisa mendapatkan kesempatan menang giveaway dan mendapatkan berbagai hadiah menarik juga. Seru banget ya! Ternyata dalam kondisi pandemi seperti ini, Yummy App tetap aktif berkontribusi membuat acara yang inspiratif!

Foto : Dok. Yummy Indonesia (popmama.com)


Selain itu, dalam event ini Yummy juga mengadakan berbagai workshop yang menunjang aktivitas kuliner, misalnya membahas tentang makanan sehat untuk anak, bagaimana menjadi content creator di bidang kuliner, membuat Indonesian dessert dan tentang food styling potoghraphy. Wah materinya memang isinya "daging" semua ya. Pasti akan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang ingin serius menekuni bidang kuliner.

Dok. Yummy Indonesia (popmama.com)


Selain workshop dan OCC, Yummy juga mengadakan talkshow dengan empat materi menarik yaitu tentang vegan dengan bahan khas Indonesia, Business Guide to Surviving a Pandemic, Introducing Indonesian Culinary to the World dan Online Business Culinary. Acara-acara tersebut diisi oleh narasumber yang memiliki pengalaman di bidangnya. Wah, banyak sekali ya materi yang bisa kita ambil. Walaupun di rumah aja, ternyata kita tetap bisa mengikuti Online Cooking Class dan mendapatkan ilmu serta inspirasi-inspirasi dari acara Indonesia Memasak by Yummy. Two thumbs!

Nah, saya juga menonton salah satu event Yummy yaitu tentang materi online cooking class tentang Sambal Nusantara. Kenapa saya tertarik? Tentu saja alasannya karena saya adalah pecinta sambal! Saya biasanya suka membuat beberapa sambal seperti sambal korek, sambal terasi dan sambal pete di rumah. Nah, pas sekali stock sambal saya sudah mau habis, akhirnya saya pun tertarik untuk mencoba membuat resep sambal yang resepnya sudah ada di Yummy App. Jadi tidak perlu harus catat-catat resep lagi, semua resep dan langkah-langkahnya sudah ada disana. Untuk info paling lengkap ada di applikasi Yummy App ya atau kamu bisa langsung  download disini.





Saya memilih membuat sambal bawang karena bahan-bahannya ada semua di rumah. Awalnya ingin mencoba membuat sambal teri yang sudah didemonstrasikan Chef Martin Pradja di acara Indonesia Memasak by Yummy, tapi berhubung bahannya kurang lengkap, akhirnya pilihan jatuh ke resep sambal bawang. Selain sambal bawang, kita juga bisa membuat pilihan sambal lain seperti sambal terasi, sambal matah, sambal colo-colo dan lainnya. 


Dok. Pribadi

Tidak sulit untuk membuat sambal bawang, kita hanya perlu mengulek cabai dan mengiris-iris bawangnya. Setelah itu cabai pun bisa langsung dimasak. Sekali lagi, untuk resep lebih lengkapnya bisa langsung cek di applikasi Yummy App ya. 


Dok. Pribadi


Gampang sekali ya! Dalam waktu beberapa menit sambal pun sudah jadi. Hal ini tidak lain karena didukung oleh resep dan proses pembuatan yang disampaikan dengan jelas. Pokoknya thank you untuk resep nusantaranya Yummy App! Bisa jadi koleksi tambahan resep sambal di rumah selain sambal yang biasa saya buat.



Seru sekali ternyata. Selain resep sambal, masih banyak resep-resep masakan nusantara lain yang bisa kita temukan di Yummy App, terutama yang terkait dengan event Indonesia Memasak Yummy. Jadi yang kemarin ketinggalan acaranya, masih bisa melihat resep-resepnya di jelajah Spesial IMY baik di Yummy App, website, maupun media sosial Yummy. Ayo, tunggu apalagi. Cobain resep-resepnya di rumah. Indonesia Memasak Yummy memang seru! Mudah-mudahan nanti diadakan lagi event bertabur hadiah dan ilmu seperti ini ya Yummy! :D 

0 comentários:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan santun. Makasih yaa.