Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Buku Happy Little Soul : Tentang Mencintai Anak dengan Ketulusan

 

 
"Untuk ibuku yang tak kuingat kapan ia pernah marah dan memasang wajah cemberutnya."  
 
Itu adalah kalimat pembuka dari sang penulis  yang langsung menampar dan membuatku tercenung. Cukup satu kalimat saja, tapi sudah menyentilku dengan amat keras.Setelah membaca satu kalimat itu jujur saja aku langsung bertanya-tanya,
 
"Kok bisa ya ada ibu yang gak pernah cemberut sama anaknya?"
"Kok bisa ya ada ibu yang gak pernah marah sama anaknya?"
 
Hanya satu kalimat pembuka itu saja, sudah cukup membuatku paham kenapa Ibuk Retno Hening bisa membesarkan anak yang menakjubkan seperti Kirana. Oke, sebelum lanjut, aku akan menjelaskan singkat dulu ya tentang siapa itu Retno Hening, siapa itu Kirana. Mungkin ada yang belum tahu
 
Retno Hening merupakan seorang ibu biasa (awalnya) yang sekedar ingin berbagi tentang anaknya selama ia di negeri orang. Awalnya ia berbagi aktivitas anak-anak agar keluarganya di Indonesia bisa tahu kabar dirinya dan anaknya.
 
Tak disangka, ternyata postingannya di instagram disukai banyak netizen. Semakin lama, followersnya pun bertambah dan pola asuh yang ia terapkan pada anaknya pun menjadi inspirasi bagi banyak orang. Aku pun tahu pertama kali tentang beliau dari instagram. Hingga akhirnya Ibu Retno membuat buku yang berkisah tentang bagaimana ia mengasuh, merawat dan mendidik Kirana. Kalau kalian penasaran juga dengan sosok Ibuk Retno, bisa follow instagramnya ya di @retnohening.
 
Nah, kembali ke buku itu, jujur saja aku sudah sangat terkesan dengan kalimat pembukanya. Kalimat itu  membuatku tersadar bahwa ternyata proses mendidik itu memang terus melekat turun temurun. Di mulai dari seorang nenek, ibu hingga ke generasi anak cucu. 
 
Mereka secara tanpa sadar akan mewarisi pola asuh yang sudah mereka terima sejak dulu. Dan mungkin ini juga yang menjadi salah satu sebab, kenapa akhirnya  sang penulis bisa menjadi ibu muda yg inspiratif, karena memang ia pun telah mendapat "warisan" berharga dari sang ibunda. 
Jujur saja aku termasuk suka membaca pengalaman nyata dari orang lain. Dan buku ini adalah salah satu buku yang menarik perhatianku. 
 
Buku ini adalah buku terbitan lama. Awalnya diterbitkan tahun 2017 oleh Penerbit Gagas Media.
Seperti yang kubilang di awal, aku tahu buku ini karena aku sendiri merupakan pengikut akun Ibuk Retno hening. Ibuk Retno memiliki seorang anak perempuan bernama Kirana yang  jadi populer di instagram. Sesuatu yang mungkin tak diduga juga oleh ibuk Retno sendiri. Semakin lama melihat aktivitas Kirana semakin orang penasaran dengan bagaimana sang Ibu mendidik dan membimbing Kirana. Kirana memang tumbuh menjadi gadis ceria, pintar, sopan, baik dan lembut hatinya. Sesuatu yang kadang tak selalu dimiliki untuk anak-anak seusianya.
 
Ibuk Retno dan Kirana (foto : inspirasimedina.com)

 
 
Buku ini ditulis oleh seseorang yang latar belakangnya bukan seorang  penulis. Jadi wajar saja jika bahasa yang digunakan terkadang sederhana. Tapi menurutku  justru itulah letak menariknya. Bahasa yang sederhana menjadikan  buku ini ringan untuk dibaca. Bahasanya pun tidak menggurui. Dan yang paling penting, buku ini berkisah tentang pengalaman  nyata seorang ibu muda yang tentunya dekat dan relevan dengan keseharian kita. 
 
Hal yang aku suka juga dari buku ini adalah karena ibuk retno menuliskan berbagai tips penting yang perlu diketahui orang tua. Tips ini pun juga didasarkan pada pengalaman nyatanya sendiri sehingga apa yang disampaikannya pun sangat aplikatif. 
 
Selain itu buku ini juga mengajarkan bahwa  ketulusan seorang ibu dan rasa cinta tanpa syarat akan menjadikan anak kita memiliki sikap yang sama pula pada kita. Maka, ketika kita menjadi orang tua, bersiap-siaplah untuk terus melatih kesabaran dan ketulusan hati kita karena kita akan menjadi orang tua seumur hidup. Dan anak-anak pun kelak akan menjadi orang tua pula. Mereka kelak tanpa disadari akan mewarisi sikap dan karakter yang mereka lihat dan terima dari orang-orang terdekatnya.
 
Pokoknya kisah dalam buku ini sungguh menggugah hati, bikin terharu dan juga takjub. Salah satu buku yang aku rekomendasikan untuk kalian. Selamat membaca ya.

2 komentar untuk "Review Buku Happy Little Soul : Tentang Mencintai Anak dengan Ketulusan"

  1. ijin kasih saran, paragrafnya di rapiin lagi aja. di buat 4 baris biar enak di baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terima kasih sarannya. Baik.. Nanti diedit lagi. Itu memang tulisan lama yang masih asal2an membuatnya. Terima kasih sekali lg.

      Hapus