Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Film JFK (1991) : Kisah Nyata Pengacara yang Ingin Membongkar Konspirasi Pembunuhan Presiden Amerika

Image result for jfk 1991
www.imdb.com




Ini film jadul ya guys. Pertama kali tayang tahun 1991. Gak tahu kenapa aku tuh lebih suka nonton-nonton film lawas yang ratingnya bagus dan belum kutonton sebelumnya. Film ini berkisah tentang seorang hakim kejaksaan di sebuah wilayah Amerika Serikat bernama Jim Garrison. Ia ingin menuntut diadakannya pengadilan atas pembunuhan terhadap presiden Amerika Serikat John F Kennedy.


Jim percaya bahwa ada konspirasi tingkat tinggi atas pembunuhan presiden Amerika tersebut yang melibatkan pejabat pemerintahan Amerika Serikat. Ia juga meyakini bahwa Oswald, pelaku yg dianggap pembunuh hanyalah sebagai kambing hitam. Bahwa pembunuhan presiden JFK sebenarnya terdiri dari tim khusus yang tidak hanya terdiri dari 1 orang saja.

Upaya yang dilakukan Jim untuk membongkar kasus pembunuhan tersebut tentu bukanlah hal yang mudah, karena saksi yang ia temui tak ada yang bersedia memberi pengakuan di pengadilan. Bahkan beberapa saksi lain pun banyak yang tewas terbunuh.

Apa yang Jim lakukan seperti layaknya seekor rusa yang masuk ke kandang singa. Sesuatu yang mungkin di luar kekuasaannya. Sesuatu yang pasti akan membuatnya kalah karena ia sedang menantang pejabat tertinggi dan konglomerat di Amerika Serikat. Sesuatu yang bisa saja membahayakan nyawanya dan keluarganya. Namun ia percaya bahwa kebenaran harus diungkapkan dan tak selayaknya pemerintah Amerika menutup-nutupi kebenaran itu dari rakyat Amerika.

Film ini menurut saya sangat menarik. Film berdurasi 3 jam ini membuat saya harus menonton hingga beberapa hari karena durasinya yang panjang. Tapi jujur saja saya tak bosan menontonnya, padahal biasanya film yang banyak memberikan penjelasan, sejarah dan dialog itu agak membosankan.

Film ini membuat kita berpikir bahwa betapa berbahayanya jika pejabat pemerintah dan pejabat keamanan yang memiliki kepentingan lain selain kepentingan rakyat dan negaranya. Meski akhirnya film ini masih memberikan tanda tanya terkait pembunuhan JFK, namun keberanian Jim Garrison patut diacungi jempol.

Film ini juga membuat saya sedikit melek dengan sejarah karena memang tokoh yang dibahas adalah tokoh nyata. Belum lagi penjelasan-penjelasan terkait momen saat penembakan berlangsung dan berbagai fakta lain terkait pemerintah Amerika. Tak heran, saya sampai googling mencari tahu tentang hakim Jim Garrison yang ternyata sudah meninggal tahun 1992.


Jim Garrison (sumber gambar : wikipedia.org)

Film yang menarik dan membuat saya penasaran. Jika di imdb ratingnya 8, kalau saya pribadi memberikan rating 7.8 karena memang masih ada beberapa hal yang saya kurang sukai di film ini, terutama terkait kata-kata umpatan yang sering kali diucapkan. Kalau kalian suka hal-hal berbau sejarah dan biografi, mungkin kamu perlu nonton ini.


Rating imdb : 8/10
Ratingku: 7.8/10



Posting Komentar untuk "Review Film JFK (1991) : Kisah Nyata Pengacara yang Ingin Membongkar Konspirasi Pembunuhan Presiden Amerika"